LOKADESA Bahagiakan Lansia di Hari Pangan

Dalam rangka hari pangan nasional sebuah upaya positif untuk mendukung warga lanjut usia di wilayah Desa Berdaya Empoang Selatan, Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, LOKADESA kembali meluncurkan program berbagi pangan. Program ini bertujuan untuk membantu lansia yang mungkin terkendala dalam memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari, Selasa (17/10/2023)

Melalui media ini Dian Ekawati Mansyur Koordinator Relawan LOKADESA, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada Lansia yang mungkin kesulitan mendapatkan bahan makanan dan barang kebutuhan sehari-hari.

“Kami ingin memastikan bahwa para Lansia di wilayah ini merasa dicintai dan diberdayakan,” kata Dian.

Ia menambakan bahwa program berbagi pangan untuk lansia di Desa Berdaya Empoang Selatan merupakan contoh nyata bagaimana Dalam sebuah era di mana solidaritas dan kepedulian adalah kunci untuk membangun masyarakat yang lebih baik, semangat gotong royong yang ditanamkan LOKADESA ini memberikan harapan dan dukungan kepada warga lanjut usia di wilayah tersebut.

Warga lansia penerima manfaat berjumlah 25 orang yang menerima bantuan ini merasa sangat terbantu dan bersyukur atas perhatian yang diberikan oleh LOKADESA. dengan adanya bantuan paket sembako pangan ini para lansia merasa lebih aman dan terjaga selama masa sulit ini.

BACA JUGA:  Irsan Akbar Buka Muscam DPK KNPI Tompobulu

Raba salah satu warga lansia penerima manfaat dengan bercucuran air mata sambil memeluk relawan yang membagikan bantuan tersebut menuturkan rasa terima kasihnya
“Terima Kasih Banyak Nak Bantuannya semoga panjang umur dan banyak Rezeki,” ujar Raba

Begitu juga dengan para penerima manfaat lainnya, mereka tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih dan sangat bersyukur dengan adanya bantuan pangan dari LOKADESA di kondisi kemarau panjang dan mahalnya harga beras dan kebutuhan pangan lainnya.

“Alhamdulillah terima kasih banyak kepada LOKADESA, kepada semua donatur, semoga sehat dan sukses selalu,” pungkasnya.

Apa itu LOKADESA

LOKADESA adalah lembaga yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat desa, khususnya pada isu SDM dan Pangan, dengan aktivitas utama inkubasi usaha mikro.

Visi & Misi
VISI

Mewujudkan potensi desa menjadi nyata

MISI

1. Menguatkan Local Heroes sebagai Motor Perubahan

Local heroes menjadi penting, karena di manapun perubahan itu diawali oleh peran manusia, dan manusia yang memiliki visi dan harapan akan kemajuan desanya, itu yang disebut sebagai local heroes.

BACA JUGA:  Durasi TBM Panrita Lestari Gelar Kemah Literasi

2. Berkolaborasi dengan Ekosistem Pemberdayaan

Lokadesa siap berkolaborasi dengan semua ekosistem pemberdayaan dan siap mengakselerasi proses pemberdayaan itu sendiri.

3. Beroperasi dengan Prinsip Socio Enterprise

Kewirausahaan sosial adalah salah satu hal baik yang berpotensi untuk membantu menyelesaikan masalah di masyarakat. Dan mengentaskan permasalahan kemiskinan itu tidak bisa dengan pendekatan sosial, tapi harus dengan pendekatan kewirausahaan juga, agar kita memiliki aktivitas jangka panjang dan sustainable.

4. Duplikasi Praktik Baik dan Advokasi Kebijakan

Pemberdayaan yang sudah dilakukan oleh Lokadesa, harapannya dapat diduplikasi oleh stakeholder lain yang lebih memiliki sumber daya agar kebaikan-kebaikan tersebut bisa segera terpublikasi dan bahkan dapat teradvokasi menjadi sebuah regulasi-regulasi yang semakin memihak kepada masyarakat. (RR)

 

Sumber : nusantarainsight.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *